Workshop Water Rocket

1479605229717Workshop Water Rocket merupakan sebuah pelatihan mengenai water rocket dalam teknologi keantariksaan yang ditunjukkan kepada seluruh mahasiswa baru Prodi Teknik Mekatronika PENS 2016. Yang bermakna sebagai penumbuh kembangan minat dan peningkatan keingintahuan para generasi muda terhadap ilmu pengetahuan teknologi melalui kegiatan pelatihan. Pelatihan ini dapat mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya mengenai teknologi robotik dan keantariksaan. Serta mahasiswa baru Teknik Mekatronika 2016 dapat mengetahui proses awal hingga akhir cara pembuatan Water Rocket itu sendiri.

Kegiatan pelatihan water rocket diadakan pada hari Sabtu, tanggal 12 November 2016 kemarin pada pukul 08.00 WIB hingga sore hari. Dengan ruang kelas HH 104 gedung D3 kampus PENS sebagai tempat pemberian materi tentang cara pembuatan water rocket dan bahan-bahan yang dibutuhkan. Demas (Meka 2014) sebagai pemberi materi yang sebelumnya dibuka oleh Bagoes (Meka 2014).

1479605226653

Mahasiswa baru telah dibagi menjadi beberapa kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 3 orang. Setelah itu mereka diberikan bahan-bahan untuk membuat water rocket seperti botol 1,5 liter, polykarbonat, dan plastisin. Kemudian diberikan materi bagaimana cara pembuatan water rocket tersebut, dijelaskan tentang bentuk roket yang aerodinamis, fairing, nose cone dan body. Tidak hanya itu, materi yang diberikan juga mencakup komposisi antara air dan udara sebelum meluncurkan roket. Keseimbangan roket saat peluncuran dan di udara dengan mengukur berat roket yang seimbang.

1479605218171

Peluncuran dilakukan pukul pada 13.30 WIB di samping gedung Robotika ITS, dan ketika trial water rocket pun hasilnya memuaskan. Sebagian besar roket meluncur dengan mulus di udara serta jarak jangkauan water rocket mendarat pun dibilang cukup jauh. Workshop pun berakhir pukul pada 16.30 WIB dengan ilmu yang didapat oleh para peserta pada pelatihan ini. Selain dasar pemahaman roket, para peserta juga mendapatkan pengalaman berharga dan menarik yaitu dapat menjalin kerjasama satu tim dengan kekompakan yang lebih erat membuat hasil dari kerjasama lebih baik serta meningkatkan kekeluargaan antar sesama warga Teknik Mekatronika.

1479605222436

Posted in Pelatihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *