Desain dan Domain Baru Website Hima Meka

Setelah 24 tahun menjadi bagian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, akhirnya Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mandiri. Kemandirian itu dimulai sejak nama PENS tak lagi masuk dalam statuta ITS. Masa transisi dilakukan pada tahun 2012 dengan berbagai perubahan. Termasuk status mahasiswa dan pembuatan statuta baru untuk PENS. Mahasiswa yang dulu diterima oleh Direktur ITS ketika penerimaan mahasiswa baru maka tetap menjadi mahasiswa PENS-ITS dengan ijazah yang dikeluarkan oleh ITS. Sedangkan mahasiswa angkatan 2012 ke atas sudah tidak lagi sebagai mahasiswa ITS melainkan menjadi mahasiswa PENS.

Salah satu yang mendasari pemisahan tersebut adalah PENS dan ITS merupakan dua institusi berbeda. Tidak wajar apabila ada perguruan tinggi negeri di dalam perguruan tinggi negeri.

Masing-masing punya struktur yang lengkap untuk bisa dikatakan sebagai sebuah lembaga. Kalau PENS masih menjadi bagian dari ITS, ada anggapan bahwa ada institusi di dalam institusi. Sebab, selama ini direktur PENS juga diangkat rektor ITS. Selain itu, kalau masih bergabung, politeknik tersebut akan sulit berkembang. Ndak bisa jadi BLU (badan layanan umum).
— Prof. Dr. Ir. Triyogi Yuwono, DEA selaku rektor ITS

Sebelum perpisahan tersebut, dalam beberapa kegiatan, PENS dan ITS sudah kerap dibedakan. Misalnya pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2011, masing-masing sudah punya tim sendiri-sendiri yang saling bersaing bahkan seringkali bertemu bersama-sama di final.

Website Hima Meka PENS

Dikarenakan dulu PENS menjadi bagian dari ITS, maka domain yag dimilikinya pun ikut ITS, yaitu eepis-its.ac.id. Pun dengan website prodi dan hima Mekatronika, yang dulunya prodi beralamat di mekatronika.eepis-its.ac.id kini menjadi mekatronika.pens.ac.id serta hima yang dulunya beralamat di himameka.eepis-its.ac.id kini menjadi himameka.pens.ac.id.

Migrasi domain hima Meka diikuti dengan pembaruan tampilan website, dengan alamat baru serta desain baru diharapkan membawa suasana baru juga.

Posted in Himpunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *