Mechatronics Robotic Training 2016 di Bojonegoro

img_9711

Mengisi waktu liburan semester ganjil, Himameka PENS mengadakan pelatihan bertajuk Mechatronics Robotic Training yang berlangsung pada tanggal 6-7 Februari 2016 di SMKN 2 Bojonegoro. Kegiatan ini adalah program kerja dari Departemen Riset dan Teknologi dan dibantu beberapa mahasiswa dari depertemen lain, sebagai pelatihan eksternal yang pertama diadakan.

Alasan memilih Bojonegoro sebagai tempat pelatihan yaitu karena dekat dengan rumah Galuh PA selaku penanggung jawab dari acara ini. Peserta dari kegiatan ini adalah siswa dan siswi SMKN 2 Bojonegoro serta mahasiswa AK Bojonegoro. Dengan diikuti sebanyak 33 tim untuk pelatihan Unprogrammable Line Follower dan 6 tim untuk pelatihan Robot Soccer.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari, hari Sabtu pagi digunakan untuk persiapan pembukaan dengan memasang banner, persiapan komponen, dan lain-lain yang dibutuhkan selama pelatihan. Pada hari pertama setelah dilakukan pembukaan yang dilakukan oleh kepala sekolah, lalu diisi materi mengenai pengenalan robot dan line follower serta robot soccer. Masing-masing kelompok diberi buku materi yang berguna untuk memahami dalam membuat robot yang akan mereka buat. Pada sesi materi ini diajarkan juga mengenai pengenalan komponen dan menyolder yang baik agar rangkian dapat bekerja dengan yang diharapkan. Sejak awal, peserta telihat sangat antusias.

Setelah itu dilanjutkan ke sesi berikutnya yaitu memulai pengerjaan pembuatan robot, dari setiap tim masing-masing anggota mengerjakan bagiannya masing-masing. Sampai sore pengerjaan ditunda dan dilanjutkan pada hari kedua. Di hari Minggu yaitu penyelesaian dan troubleshooting rangkaian, dan diadakan perlombaan pada masing-masing kategori yaitu line follower dan robot soccer.

Dari hasil perlombaan telah didapatkan pemenang yang kemudian ditutupnya acara pada pelatihan kali ini. Pelatihan berjalan dengan lancar, dan diharapkan akan ada pelatihan serupa di waktu selanjutnya. Acara ini juga sebagai bentuk pengenalan PENS yang lebih luas serta branding Teknik Mekatronika pada khususnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *